Selasa, 29 Januari 2013

Psikosomatis

Psikosomatis 



Kawan, Pernahkah anda  dengar kata psikosomatis ? atau malah sudah pernah mengalami gangguang yang satu ini ?

Psikosomatis  atau somatisasi adalah gangguan psikis yang tampil dalam bentuk gejala-gejala fisik. Dengan kata lain, psikosomatis adalah penyakit fisik yang disebabkan oleh program pikiran negatif dan/atau masalah emosi seperti stress, depresi, kecewa, kecemasan, rasa berdosa, dan emosi negatif lainnya.

Psikosomatis menyebabkan seseorang merasa gelisah dan merasa selalu dalam keadaan tidak sehat, tidak nyaman dan perlu pemeriksaan kesehatan. keluhannya beragam, bisa menetap dan atau berpindah-pindah, mulai dari sakit kepala, mual, diare, sesak nafas, maag, gatal-gatal dan susah tidur. Para penderita psikosomatis merasa bahwa dirinya mengalami sakit yang parah dan perlu pertolongan dokter secepatnya, apabila dokter memberikan diagnosa bahwa ia sehat, maka si penderita akan cenderung melawan dan akan meminta untuk diperiksa pada dokter yang berbeda. 

Pada umumnya keluarga yang tidak memahami gejala ini akan membawa pasien ke dokter umum, atau ke dokter spesialis. Bagi mereka akan diberikan obat-obatan sesuai gejala, namun hal ini tidak akan mengurangi keluhan mereka terhadap rasa sakit, bahkan terkadang rasa sakitnya akan berpindah pada gejala sakit yang lain. Pada kasus seperti ini pasien akan mencari kenyamanan dengan berganti dari dokter satu ke dokter yang lain, yang otomatis akan menghabiskan banyak dana untuk berobat ke dokter. 

Apa Penyebab Psikosomatis?
Psikosomatis muncul sebagai manifestasi gangguan psikologis yang tidak dapat diatasi. Gangguan ini bisa berawal dari kekecewaan, rasa putus asa, konflik, stres maupun depresi. Masalah yang muncul bisa dari kesulitan ekonomi, ketidakpuasan seksual, merasa tidak berharga dan berbagai masalah piskologis dapat memicu hal ini.  Keadaan gangguan psikologis ini menyebabkan tubuh mengirimkan sinyal ke hipotalamus dalam bentuk gangguan fisik, akibatnya tubuh merasakan keluhan sakit pada kepala, perut, sesak nafas maupun keluhan fisik lainnya. 

Bagaimana cara mengatasinya?
Penderita Psikosomatis membutuhkan penanganan yang tepat untuk pemulihan mereka. Obat-obatan yang diberikan oleh dokter hanya meringankan gejala keluhan fisik mereka, namun untuk menjadikan mereka sehat sebenarnya adalah dengan membantu mereka menyelesaikan permasalahan yang mereka alami. Lakukan wawancara atau ajak mereka untuk berkonsultasi supaya dapat menyelesaikan sumber masalah psikologisnya. Buatlah janji dengan Psikolog atau Psikiater untuk sesi konseling, apabila psikosomatis diiringi dengan gejala depresi maupun psikotik, Psikiater akan memberikan obat untuk menanganinya. Berikan support  dan yakinkan mereka sehat, dukungan untuk mereka membuat psikosomatis lebih cepat disembuhkan.

Hiduplah sehat, Jiwa dan Raga  

 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar