Selasa, 20 Januari 2015

Pasien istimewa

Basic pendidikan saya sebenarnya adalah Sarjana Psikologi. Bisa dibilang saya tersesat di dunia hukum dengan seluk beluk pelanggaran peraturan daerah yang saya tangani saat ini.

Sejujurnya saya seringkali mengindahkan ilmu dan keahlian dasar saya. Sampai ketika seringkali banyak kawan yang minta advise masalah Psikologi, atau ada kasus tertentu baru saya memaksakan diri untuk membuka kembali PPDGJ saya yang sudah sangat usang.

Singkat cerita saya punya pasien. Sebenarnya saya agak antipati dengan pasien ini, namun saya wajib membantunya sembuh. Psikotik akut, begitu Dokter Rahayu SpKj mendiagnosa. cocog dengan analisa saya. Sukses mengobati pasien itu, kami terlena, sampai pada tahun ketiga pasca pengobatan pertama Ia kembali terpapar gangguan yang sama.

Sedih? Iya, saya merasa gagal, namun bagaimana pun ini sudah resiko bahwa seseorang dengan gangguan jiwa bisa saja berpotensi untuk kambuh kembali.

Pasrah saya dengan kondisi itu, pengobatan kembali berjalan. mau tidak mau kitab saya-yang sekarang sudah resmi hilang- harus kembali kubuka. Inilah saat saya bekerja dan berbakti, mengaplikasikan ilmu, ikhlas, tanpa pamrih. Belajar jalan lagi. Semangat untuk kesembuhannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar