Senin, 29 Juli 2013

Macaroni Scotell

Hari Minggu kemarin saya melakukan salah satu hobi saya : memasak. Banyak orang memuji masakan saya, tapi sejauh ini saya belum pernah berhasil membuat kue kering (kukis). Benar saja, saya membuat dua resep hari itu, yang pertama saya membuat kue kering spekuk, dan yang kedua saya membuat resep Macaroni scotel. Sesuai dugaan, resep pertama kurang sukses, mbleber karena terlalu banyak margarin, sedang untuk resep yang kedua sukses sempurna. Maka saya ingin membagi resep Macaroni scotell di blog ini. 

Bahan  :
1 buah bawang bombay
4 siung bawang putih
1 buah kaldu blok
1/2 sdt merica bubuk
1 lembar daun bawang
100 gr macaroni, rebus setengah matang, tiriskan
1 buah wortel, potong kotak
1 buah kentang, potong kotak
100 gr daging ayam cincang
100 gr cornet beef
3 buah telur, kocok lepas
750 ml susu cair
100 gr keju chedar, parut kasar 

pelapis:
2 butir telur, kocok lepas
keju chedar, untuk taburan 

Cara membuat :

tumis bawang putih dan bawang bombay dan daun bawang hingga harum. masukkan ayam cincang dan kornet hingga matang. masukkan sayuran, tambah sedikit air hingga sayur matang. masukkan makaroni yang sudah direbus dan ditiriskan, masukkan garam, gula dan merica. tambahkan susu cair, keju dan telur. masak sampai susu menyusut dan adonan set. 

tunggu sampai uap panas nya hilang. cetak dalam alumunium foil atau wadah anti panas. beri kocokan telur dan taburan keju. 
panggang dalam api sedang sampai berwana kecoklatan, sekitar 20 menit. 

tunggu dingin, siap potong-potong. Selamat menikmati. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar